Selasa, 24 Mei 2011

Proposal Teaching Industry


Salah satu upaya untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia (SDM) agar bangsa Indonesia dapat mempertahankan eksistensinya serta mengejar ketertinggalannya dari bangsa-bangsa lain adalah melalui peningkatan kualitas pendidikan. Dalam suatu sistem pendidikan  peningkatan kualitas pendidikan   menyangkut guru, siswa serta sarana dan prasarananya. Upaya peningkatan sistem pendidikan berarti meningkatkan seluruh komponen yang ada di suatu lembaga pendidikan. Sedangkan upaya peningkatan kualitas guru yaitu dengan kelayakan disiplin ilmu jenjang pendidikan akademis guru yang bersangkutan dengan mata pelajaran yang diajarkan oleh guru yang bersangkutan. Sedangkan upaya peningkatan kualitas siswa disamping berasal dari input dari jenjang pendidikan  dibawahnya juga berkaitan dengan bekal kemampuan (kompetensi) yang memadai setelah siswa menyelesaikan pendidikan tertentu.

Input SMK Negeri 1 Kalitengah berasal dari wilayah Kecamatan  Kalitengah, Karangbinangun, Karanggeneng, Maduran dan Solokuro. Karena secara geografis kecamatan Kalitengah berbatasan langsung dengan kecamatan Karanggeneng. Kalitengah merupakan kota kecamatan yang perkembangan sosial ekonomi masyarakatnya cukup cepat. Perkembangan ini sangat berpengaruh terhadap perkembangan sosial di wilayah sekitarnya, terutama Kecamatan Karanggeneng.

Perkembangan sosial ekonomi tidak berarti apa-apa tanpa didukung pendidikan yang memadai. Didasari bahwa lembaga pendidikan merupakan pemasok tenaga kerja. Untuk menciptakan tenaga kerja yang profesional perlu dipersiapkan lembaga pendidikan yang berkualitas dan profesional. Profesionalisme dapat dimulai dari profesionalisme tenaga pendidik dan manajemen. Kwalitas didukung sarana pendidikan yang memadai, misalnya prasarana bengkel beserta peralatannya.

Sampai era saat ini masyarakat belum memadai benar apa itu SMK  parameternya, tamatan SMP/MTs lebih mengutamakan memilih pendidikan jalur SMA daripada SMK. Tidak salah bila ada anggapan SMK adalah sekolah alternatif atau pilihan kedua. Dengan peningkatan mutu pendidikan dimaksud SMK dapat mencetak lulusan berkwalitas yang dapat dengan mudah diterima di dunia kerja.


Proposal bantuan pengembangan kewirausahaan pengembangan SMK atau Teaching Industry untuk Kompetensi Keahlian Teknik Komputer dan Informatika bisa anda download disini

0 komentar: